Langsung ke konten utama

Kerugian Mengganti Template Blogger

Kerugian Mengganti Template Blogger
Kerugian Mengganti Template Blogger - Beberapa pengaruh buruk akibat dari sering gonta-ganti tampilan/template blogger dengan sembarangan untuk SEO hingga pendapatan google adsense.

Langsung ke konten utama [Tampilkan]

    Dampak Buruk Mengganti Template Blogger

    Berikut adalah kerugian yang (mungkin) akan Anda dapat setelah mengganti template blogger:

    Desain, Tampilan Blog Menjadi Berantakan

    Setiap template pasti memiliki tatanan kode HTML, CSS, dan JavaScript yang berbeda. Waktu Anda akan terkuras untuk memperbaikinya.

    Belum lagi jika terdapat elemen dalam artikel yang pernah dikostumisasi pasti akan hancur juga. Kasus yang sering terjadi pada bagian Kotak Catatan, Tabel, Syntax Highlighter, Dan Tombol (Demo/Download).

    Resiko Untuk SEO, Trafik Blog Menurun

    Cara Mengatasi Penurunan Peringkat Website/Blog Akibat Ganti Template Dan Update AlgoritmaSetelah melakukan perubahan template, SEO atau ranking blog pada mesin pencari pasti akan berantakan, bisa menurun, atau meningkat. Kenapa ini bisa terjadi? Sudah dijelaskan sebelumnya kan, bahwa setiap template memiliki strukturkode yang berbeda.

    Manusia (pengunjung) hanya dapat merasakannya secara visual saja, sedangkan robot bisa merasakan perubahan template lebih dari itu. Robot bekerja merayapi blog Anda dengan membaca meta tag template (judul, deskripsi, kata kunci, open graph, dll).

    Jika Anda mengganti template blog dengan meta tag yang berbeda, robot yang sebelumnya sering merayapi blog Anda, frekuensi perayapan tersebut mungkin akan menurun dengan seketika.

    Kenapa? Robot asing, menganggap blog Anda adalah blog yang baru dibangun, jadi mereka (Robots) perlu menyesuaikan lagi.

    Namun, baik buruknya efek yang dirasakan juga tergantung bagaimana cara Anda mengganti template, dilakukan dengan prosedur dan tata cara yang baik dan benar atau tidak.

    Lalu, bagaimana cara mengganti template blogger yang baik agar tidak terjadi penurunan trafik karena merosotnya ranking/posisi artikel di hasil penelusuran atau SERP?

    Cara Mengganti Template Blogger Yang Baik Dan Benar

    Bagian terpenting yang menentukan kualitas SEO blog terletak di dalam tag <head>. Jika blog Anda sudah memiliki posisi yang baik pada mesin pencari. Pastikan salin semua meta tag template yang sebelumnya dipakai untuk diletakan pada template baru yang akan digunakan.

    Dimana menemukannya? Meta tag template, umumnya terletak diantara tag <head> dan <b:skin>, salin semua kode pada bagian tersebut, pasang di template baru.
    Cara ini tidak menjamin kualitas blog tetap sama karena terdapat struktur lain pada template yang dapat mempengaruhi SEO (Baca: Ciri Template Blogger SEO Friendly).

    Tapi, cara ini setidaknya dapat meminimalsir dampak buruk terhadap SEO akibat dari mengganti template blogger.

    Google AdSense, Pendapatan Iklan Berkurang

    Pendapatan iklan Google Adsense anjlok setelah ganti template?
    Lha wong ranking juga turun, pendapatan pasti ikut turunlah. Pendapatan bergantung pada pegunjung, banyak sedikitnya pengunjung tergantung pada posisi SERP. Nahloh.

    Kesimpulan: Blogging "Njengking"

    Cara Meningkatkan Pengunjung Organik Dan Pendapatan Iklan Google AdsenseYa! Kegiatan ngeblog Anda pasti akan Njengking. Bagi yang asing dengan kata itu, gambar ilustrasi diatas sudah cukup jelas untuk mendefinisikan arti dari kata Njengking.

    Dengan mengganti template blogger, kemungkinan Anda kehilangan waktu produktif sangatlah besar. Waktu yang seharusnya bisa dimanfaatkan untuk optimasi dan/atau membuat konten yang berkualitas hanya terbuang sia-sia untuk mencari, mengubah dan mengatur template. Terlebih jika Anda pemain AdSense, rugi besar pasti.

    Maka dari itu, jangan mengganti template dengan sembarangan apalagi keseringan. Lakukan jika memang diperlukan. Kecuali ngeblog hanya menyalurkan hobi,
    passion, dan jago coding, mengganti template tidaklah menjadi masalah serius bagi Anda.

    Sudah dulu, semoga informasi mengenai kerugian mengganti template blogger bermanfaat untuk Anda semua, trimakasih.

    Beri Tanggapan