Langsung ke konten utama

Tips Memilih Template Blogger Gratis Dan Premium Yang Baik

Tips Memilih Template Blogger Gratis Dan Premium Yang Baik
Kriteria Template Blogger Yang Baik Untuk Dipilih - Bagi pemula, yang menjadi fokus utama saat memilih template mungkin hanya segi keren dan menariknya saja.

Langsung ke konten utama [Tampilkan]

    Template blogger yang menarik dan keren memang bagus untuk dipilih dan dipakai karena bisa membuat pengunjung menjadi lebih nyaman, bahkan membuat mereka betah berlama lama nongkrong di blog kita. Tapi, ada juga hal lain tak kalah penting yang harus sobat perhatikan.

    Seperti Apa Ciri Template Blog Yang Baik Untuk Dipilih?

    Berikut ini adalah beberapa kriteria dasar yang perlu diperhatikan sebelum menentukan template gratis atau premium pilihan sobat:

    Template SEO Friendly

    SEO atau Search Engine Optimization (Optimasi Mesin Pencari), inilah yang seharusnya dijadikan fokus utama dalam menyeleksi template blogger sebelum digunakan.

    Bagi yang belum mengerti apa itu SEO, Pengertian singkatnya adalah segala upaya pemilik melakukan optimasi situs webnya agar mudah ditemukan mesin pencari pada kata kunci yang ditargetkan. Salah satu dari sekian banyak upaya tersebut adalah menggunakan template SEO Friendly.

    Kenapa Harus Menggunakan Template SEO?

    Setiap mesin pencari (Google, Bing, Yahoo, dll) mempunyai robot yang bertugas merayapi semua situs yang ada di Internet. Namun, situs web dengan data terstruktur baiklah (SEO) yang lebih diutamakan.

    Oleh karena itu, sangat disarankan bagi sobat untuk memakai template yang sudah dioptimasi dengan baik agar lebih ramah dengan robot sehingga kesempatan mendapatkan ranking terbaik semakin besar. *Tentu harus diimbangi dengan konten yang berkualitas.

    Seperti Apa Ciri-Ciri Template Yang SEO Friendly?

    Setiap template gratis ataupun premium dapat disebut SEO jika di dalamnya sudah terdapat meta title, description, dan canonical. Akan lebih baik jika terdapat beberapa fitur yang saya tulis pada tabel berikut:

    Fitur Keterangan
    Meta Tag Meta tag template sudah dioptimalkan serta terdapat meta OpenGraph di dalamnya (berfungsi untuk menampilkan informasi blog ketika dibagikan ke media sosial).
    Dynamic Heading Tag heading judul blog dan judul artikel berbeda pada setiap halaman, contoh:
    • Halaman Beranda
      <h1>Judul Blog</h1>
      <h2>Judul Artikel</h2>
    • Halaman Statis dan Artikel
      <p>Judul Blog</p>
      <h1>Judul Artikel</h1>
    Navigasi Template yang dipilih harus mempunyai menu navigasi yang jelas, termasuk Breadcrumb di dalam artikel (lihat breadcrumb diatas judul artikel).

    Fungsi breadcrumb yakni untuk memberi petunjuk kategori artikel kepada visitor, serta memudahkan robot mengidentifikasi artikel.
    Contoh Breadcrumb Artikel: Beranda » Template » Blogger » Cara Mengganti Template Blogger Yang Baik Dan Benar
    Contoh Breadcrumb di SERP Google:
    Fungsi Dan Cara Memasang Breadcrumb Di Blogger Dan WordPress
    Gambar oleh Google
    Structured Data Pastikan sobat memilih template yang sudah menggunakan data terstruktur yang lengkap dan valid di semua halaman. Gunakan https://search.google.com/structured-data/testing-tool untuk melakukan pengecekan.

    Cara Membuat Dan Memperbaiki Struktur Data Template Blogger
    Kelayakan - Ya
    Jika template sudah memiliki keempat fitur diatas, maka template tersebut sudah pantas dipakai (dari segi SEO) pada blog sobat. Baik buruk hasilnya, tergantung pada konten yang dibuat.


    UI/UX Template

    User Interface dan User Experience atau sering disebut dengan istilah UI/UX, merupakan 2 hal yang saling terkait dan juga tidak bisa lepas dengan kegiatan pengembangan website, tak terkecuali blogger.

    Pengertian singkatnya, UI adalah bagian visual dari sebuah website, sedangkan UX merupakan pengalaman yang dirasakan pengguna ketika mengakses sebuah situs web.

    Gambaran sederhana UI/UX begini,
    "Tampilan Buruk Visitor Ngamuk"
    "Loading Lambat Visitor Minggat"
    Ya, mirip seperti keterkaitan antara Menulis dan Membaca.

    Desain Template (UI)

    Sebagai pemilik website/blog, mau atau tidak, kita harus menyesuaikan kemauan dan/atau keadaan pengunjung. Pilih desain template yang menarik, tampilan juga harus responsif di semua perangkat yang digunakan visitor ketika mengaksesnya. Tidak terlalu besar ketika diakses menggunakan komputer, juga tidak terlalu kecil ketika diakses menggunakan ponsel.
    Cara Memilih Template Blogger Yang Bagus, SEO Friendly dan Responsive
    Mengingat selera dan penilaian setiap orang terhadap suatu objek itu berbeda-beda. Maka, ini menjadi PR tersendiri bagi pemilik blog untuk membuat (jika bisa) atau memilih template yang cocok untuk dipakai. Kita harus pandai memilih template yang bagus dan keren dimata umum.

    Mengenai desain responsive, saya rasa hampir semua template blogger rilisan 2016 hingga sekarang sudah 100% responsif di berbagai device. Jadi, sobat tidak akan kesulitan mencari template blogger responsive.

    Kecepatan Loading Template (UX)

    Sangatlah sulit mencari template blogger loading cepat tanpa mengorbankan desain. Alih alih mencari template yang keren dan menarik, kecepatan loading templatenya malah hancur. Giliran cari template loading cepat, tampilannya buruk, serba salah kan?

    Loading Blog Lambat? Baca: Cara Meningkatkan Kecepatan Loading Blogspot

    Jika diberi pilihan, template loading cepat, atau template keren. Saya pribadi lebih memilih template blogger yang sedikit (Kalau Banyak, Desain Bisa Rusak) mengorbankan desain daripada harus ditinggal pengunjung di 5 detik pertama karena LoLa (Loading Lama).

    Mungkin, Anda bisa memilih template blogger AMP, tapi Anda juga harus siap dengan segala konsekuensinya. Penggunaan Template AMP sedikit rumit ketimbang template biasa.

    Kenapa Menggunakan Template Loading Cepat?

    Google sendiri yang mengumumkan kepada webmaster bahwa kecepatan loading menjadi faktor penentu ranking SERP (hasil penelusuran).

    Gunakan template blog dengan loading cepat (cek menggunakan alat resmi Google, Page Speed Insight) agar pengalaman pengguna (UX) baik. Bahkan, ranking blog juga menjadi lebih baik.

    Dukungan Premium

    Jika berkeputusan membeli template blogger premium, cari developer atau toko yang memberikan dukungan penuh terkait produk, pastikan juga sobat akan mendapat gratis update jika ada penyempurnaan template.

    Satu lagi jangan sampai dilupakan, cari template premium harga murah tapi tidak murahan.

    Sudah dulu, semoga tips memilih template blogger ini bisa memberi bermanfaat, terimakasih.

    Beri Tanggapan