Konten Marketing Yang Bagus

7 Kriteria Konten Marketing yang Baik dan Bagus
Daftar Isi Artikel []
Konten Marketing Yang Bagus - Salah satu hal yang dibutuhkan saat menjalankan bisnis digital ialah pembuatan konten marketing. Berikut ini 7 kriteria dari konten marketing yang bagus.

Berkembangnya teknologi yang semakin canggih menghadapkan kita dengan segala hal yang berbau digital. Bisnis digital pun sekarang telah menjadi pilihan favorit bagi banyak orang karena beragam kemudahan yang ditawarkan.

Meski terdengar gampang, tapi sebenarnya untuk memulai bisnis digital dibutuhkan banyak persiapan. Misalnya saja dengan membuat konten marketing yang bagus. Seperti halnya bisnis konvensional, bisnis digital juga memerlukan alat untuk promosi agar bisnisnya semakin maju.

Persiapan Sebelum Membuat Konten Marketing

Membuat sebuah konten marketing tentu saja membutuhkan beberapa persiapan yang harus anda ketahui. Tahap persiapan ini memerlukan beberapa riset karena sangat mempengaruhi promosi dan perkembangan bisnis anda mendatang.

Keistimewaan Produk

Mengenali keistimewaan produk yang akan ditawarkan ialah hal pertama yang harus dilakukan oleh setiap pebisnis manapun. Meskipun sering dianggap sepele, tapi mengetahui apa sebenarnya keistimewaan dan keunikan dari produk yang ditawarkan ternyata sangatlah penting khususnya untuk menarik pelanggan baru.

Apalagi saat produk yang ditawarkan memiliki banyak kompetitor, tentu saja hal itu bisa menghambat bisnis anda. Saat itu terjadi sebaiknya anda mulai melakukan promosi dengan membuat konten yang menonjolkan keistimewaan agar bisa lebih menarik pelanggan baru.

Target Pelanggan

Sebelum membuat konten untuk keperluan promosi, sebaiknya terlebih dahulu melakukan riset untuk menentukan target pelanggan yang akan dijangkau. Gali lebih dalam karakter target pelanggan anda. Dengan melakukan hal tersebut nantinya akan dimudahkan saat membuat konten marketing karena bisa menjangkau langsung dari target yang diinginkan.

Setelah mengetahui siapa target pelanggan yang ingin dijangkau, sebaiknya cari tahu juga apa sebenarnya masalah yang dihadapi oleh mereka. Dengan begitu anda bisa membuat konten yang menarik dan penuh pengetahuan untuk mengatasi masalah yang mereka alami. Konten yang berkualitas dijamin lebih menarik minat banyak orang.

Setelah mengetahui apa saja persiapan untuk membuat sebuah konten marketing seperti di atas. Pengetahuan mengenai kriteria dari konten marketing yang bagus juga terlebih dahulu harus anda pahami.

7 Kriteria Konten Marketing yang Bagus

Membuat konten marketing sebenarnya gampang-gampang susah. Selain harus memahami materi hingga target pelanggan, konten marketing sifatnya juga harus mengedukasi.

Itulah alasan banyak orang memilih untuk memesan pembuatan konten marketing di sebuah jasa penulis artikel yang berkompeten seperti Jawarakonten.

Nah jika anda sudah penasaran sebenarnya seperti apa kriteria dari konten marketing yang berkualitas, berikut ini penjelasannya.

Relevan dengan Target Audiens

Setiap konten yang akan anda buat untuk melakukan promosi hendaknya selalu relevan dengan target audiens atau pelanggan. Setelah sebelumnya anda telah melakukan riset dan mencari tahu siapa sebenarnya target pelanggan, kini waktunya untuk menerapkannya.

Dengan konten yang sesuai dengan karakteristik pelanggan tentunya hal itu akan lebih menarik bagi mereka.

Buat konten yang menjawab permasalahan mereka dan selalu tempatkan diri anda sebagai pelanggan. Dengan begitu anda bisa membuat sebuah konten yang tetap relevan dengan target audiens.

Harus Selalu Mengedukasi

Selain sebagai bentuk promosi, sebenarnya konten yang anda buat juga bisa sebagai alat untuk mengedukasi pelanggan. Konten yang bisa mengedukasi pastinya bisa membuat pelanggan betah berlama-lama membacanya.

Lewat konten tersebut mereka bisa mendapatkan banyak manfaat dan informasi itu bisa dibagikannya kepada orang lain. Jika mereka sudah mau membagikan, itu artinya mereka sudah percaya kepada Anda, dan peluang untuk menggunakan produk Anda akan lebih besar kalau sudah seperti ini.

Selalu Ikuti Tren

Selain konten yang mengedukasi, konten yang dibuat dengan mengikuti tren juga bisa menarik banyak orang.
Cari tahu apa saja hal yang sedang tren dan paling diperbincangkan akhir-akhir ini. Kemudian buatlah konsep untuk membuat konten yang sesuai dengan tren tersebut dan bisnis anda.

Jika anda bisa menggabungkan dua hal tersebut pastinya konten yang dibuat akan lebih menarik pelanggan. Selain itu, konten yang dibuat pun tidak akan ketinggalan zaman dan tetap relevan dengan target audiens anda.

Konten yang Menghibur

Konten yang padat informasi memang menarik, tapi konten yang menghibur juga tetap bisa menarik bagi pelanggan. Konten yang menghibur bisa berisikan hal-hal yang ringan, menghibur dan masih tetap informatif. Jangan lupa untuk selalu memberikan judul yang unik agar bisa menarik perhatian pelanggan.

Berisi Ajakan

Membuat konten marketing tentunya bertujuan agar produk atau layanan yang kita tawarkan bisa memikat pelanggan. Itulah mengapa konten yang berisi ajakan sangat penting untuk dibuat. Selalu gunakan pilihan kata yang persuasif sehingga bisa mempengaruhi pikiran pelanggan untuk mencoba produk yang ditawarkan.

Konten yang Berisikan Panduan

Membuat konten yang berisikan panduan juga bisa sangat menarik pelanggan. Sebaiknya buatlah konten yang berisikan sebuah panduan yang selalu dibutuhkan oleh berbagai karakteristik orang. Namun, ingat untuk selalu membuat konten yang tetap sesuai dengan bisnis yang anda tawarkan.

Konten Infografik

Konten yang berbentuk infografik terbukti selalu sukses mencuri perhatian bagi banyak orang. Infografik sendiri disebut sebagai salah satu konten marketing yang bagus karena menyajikan banyak informasi yang dikemas secara padat, berisi dan menarik.

Apalagi jika infografik ditambahkan dengan desain dan warna yang bagus tentunya orang yang biasanya malas membaca akan menjadi lebih tertarik. Gunakan juga bahasa yang ringan agar setiap orang bisa lebih mudah mencerna informasinya.