Pengertian Sejarah

Pengertian SEJARAH: Ciri, Sumber, Ruang Lingkup, Unsur Dan Contohnya
Daftar Isi Artikel []
Pengertian Sejarah - Pengertian sejarah adalah? Ulasan lengkap arti sejarah secara umum, menurut para ahli lengkap dengan ciri-ciri sejarah, sumber sejarah, ruang lingkup sejarah , unsur dan contoh sejarah.

Pengertian Sejarah Lengkap

Secara umum, pengertian sejarah adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari segala peristiwa yang pernah terjadi di masa lalu.

Secara etimologi, kata sejarah berasal dari bahasa Arab yaitu syajarah yang artinya pohon.

Dalam bahasa inggris, pengertian sejarah disebut sebagai History berarti ilmu yang menelaah hal ihwal manusia dalam urutan kronologis. Kata History berasal dari bahasa Yunani, yaitu historia yang berarti informasi atau pencarian.

Adapun dalam bahasa Jerman, sejarah disebut geschichte, yang memiliki arti sesuatu yang telah terjadi. Dalam bahasa Belanda, sejarah disebut geschiedenis yang diambil dari kata geschieden yang mempunyai makna sesuatu yang telah terjadi.

Secara terminologi, pengertian sejarah adalah kejadian masa lalu yang sudah memiliki tulisan sebagai salah satu bukti sejarah yang dapat diandalkan dan dapat dipertanggungjawabkan.

Menurut KBBI
Pengertian sejarah menurut kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) mempunyai 3 arti, yaitu:
  • Asal usul (keturunan) silsilah;
  • Peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau;
  • Pengetahuan atau uraian tentang peristiwa dan kejadian yang benar-benar terjadi dalam masa lampau

Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli

Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli Dan Tahunnya Lengkap

Dalam arti sempit, sejarah adalah ilmu yang mempelajari masa lalu. Pengertian ini tentunya belum bisa memuaskan semua orang, terutama para ahli yang pada akhirnya berlomba-lomba menyusun arti sejarah yang lebih luas, berikut macam-macam pengertian sejarah menurut para ahli .

Herodotus

Pengertian sejarah menurut Herodotus adalah kajian yang menceritakan jatuh-bangun seseorang, negara dan peradaban. Menurut Herodotus, perkembangan Sejarah bukanlah maju, tapi naik turun seperti lingkaran, dan tinggi rendahnya ditentukan oleh manusia.

Aristoteles

Menurut Aristoteles Pengertian sejarah adalah satu sistem yang meneliti suatu kejadian sejak awal dan tersusun dalam bentuk kronologi. Selain itu, Aristoteles juga mengemukakan bahwa sejarah adalah peristiwa-peristiwa masa lalu yang mempunyai catatan, rekod-rekod atau bukti-bukti yang konkrit.

Ibnu Khaldun

Dalam bukunya yang berjudul "Mukadimah". Ibnu Khaldun mengemukakan bahwa pengertian sejarah adalah sebuah catatan mengenai masyarakat umat manusia atau pun peradaban dunia serta perubahan perubahan yang terjadi terhadap watak masyarakat tersebut.

Sartono Kartodihardjo

Pengertian sejarah merupakan peristiwa masa lalu yang menjadi dasar masa kini serta menjadi landasan berpijak untuk membangun masa depan.

Sartono Kartodirjo membagi pengertian sejarah berdasarkan peristiwa dan kisah menjadi dua. yaitu:
  1. Sejarah dalam arti objektif, atau kejadian atau peristiwa sejarah yang tidak dapat terulang lagi.
  2. Sejarah dalam arti subjektif dimana sejarah adalah suatu kontruksi (bangunan) yang disusun oleh penulis sebagai suatu uraian cerita (kisah). Kisah tersebut merupakan suatu kesatuan dari rangkaian fakta-fakta yang saling berkaitan.

Moh Ali

Pengertian sejarah adalah ilmu yang menyelidiki perkembangan peristiwa dan kejadian-kejadian di masa lampau
Sejarah merupakan kejadian-kejadian, peristiwa-peristiwa yang berhubungan dengan manusia, yakni menyangkut perubahan yang nyata di dalam kehidupan manusia
Sejarah yaitu cerita yang tersusun secara sistematis (teratur dan rapi).

Moh Yamin

Moh. Yamin, SH, memberikan pengertian sejarah ialah suatu ilmu pengetahuan yang disusun atas hasil penyelidikan beberapa peristiwa yang dapat dibuktikan dengan kenyataan.

Moh Hatta

Sejarah menurut Mohammad Hatta adalah sejarah dalam wujudnya memberikan pengertian tentang masa lampau. Sejarah bukan sekadar melahirkan kriteria dari kejadian di masa lalu sebagai masalah. Sejarah tidak sekedar kejadian masa lampau, tetapi pemahaman masa lampau yang di dalamnya mengandung berbagai dinamika.

Kuntowijoyo

Menurut Kuntowijoyo, Sejarah adalah hal-hal yang menyuguhkan fakta secara diakronis, ideografis, unik, dan empiris.
  1. Sejarah berifat diakronis karena berhubungan dengan waktu.
  2. Sejarah bersifat ideografis karena sejarah menggambarkan dan menceritakan sesuatu.
  3. Sejarah bersifat unik karena berisi hasil penelitian tentang hal unik.
  4. Sejarah bersifat empiris artinya sejarah bersandar pada pengalaman manusia yang bersungguh-sungguh.

Francis Bacon

Sejarah merupakan sebagai pengetahuan atau ilmu yang bersifat individual, untuk membedakan dengan philosophia (filsafat) yang berbicara mengenai hal-hal yang bersifat umum.

Francis Bacon membedakan antara historia naturalis (sejarah alam) yang mempelajari data-data alamiah (tumbuh-tumbuhan dan binatang) dengan historisa civilis (sejarah masyarakat) yang berbicara mengenai masyarakat dan Negara.

W.J.S Poerwadarminta

W.J.S. Poerwadarminta : Dalam bukunya berjudul Ć¢€Kamus Umum Bahasa IndonesiaĆ¢€. Poerwadarminta mengutarakan 3 pengertian. Yaitu:
  1. Sejarah adalah kesustraan lama, silsilah, dan asal-usul;
  2. Sejarah adalah kejadian dan perisiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau; 
  3. Sejarah adalah ilmu pengetahuan tentang masa lampau.

H. Kern

Sejarah adalah dialog yang tak pernah selesai antara masa sekarang dan lampau, suatu proses interaksi yang berkesinambungan antara sejarawan dan fakta-fakta yang dimilikinya.

Unsur-Unsur Sejarah

Pengertian Unsur Sejarah, Macam Macam Unsur Sejarah Dan Contohnya

Sejarah memiliki 3 unsur, yaitu; manusia, ruang, dan waktu, ketiganya merupakan komponen penyusun peristiwa sejarah. Berikut adalah ulasan lengkapnya.

Manusia

Pada umumnya, sejarah menceritakan tentang kejadian yang dialami manusia. Oleh karena itu, manusia menjadi unsur yang pertama dan paling utama, sebab manusia bisa menjadi subjek dan objek dalam sejarah.

Manusia menjadi subjek ketika sedang menceritakan atau menulis ulang kejadian masa lampau (sejarah), sedangkan manusia yang terlibat didalamnya disebut sebagai objek sejarah.

Ruang

Unsur sejarah berikutnya yakni ruang. Setiap peristiwa pasti terikat pada ruang atau tempat yang merujuk aspek geografis, unsur ruang akan memberikan pemahaman peristiwa sejarah menjadi nyata. Itulah yang disebut sebagai unsur ruang dalam sejarah.

Tempat terjadinya peristiwa sejarah juga bisa bersifat sempit ataupun luas. Contoh ruang sejarah adalah sebuah negara, kota, medan pertempuran, lapangan, hingga ruang sempit lokasi dengan luas terbatas. Misal; Sejarah Provinsi Yogyakarta, Sejarah Indonesia, dan Sejarah Benua Amerika.

Waktu

Unsur sejarah yang ketiga adalah waktu. Sifat unsur waktu dalam sejarah itu pasti, bisa beberapa hari, minggu, bulan, hingga ribuan tahun yang lalu. Kuncinya adalah, peristiwa tersebut harus terjadi di masa lalu agar sesuai dengan pengertian sejarah.

Ciri-Ciri Sejarah

Pengertian Ciri Ciri Sejarah, Macam, Dan Contohnya Lengkap
Secara umum, ciri-ciri sejarah dibagi menjadi 3 yaitu Unik, Abadi dan Memiliki pengaruh. Jika kamu bertanya kenapa sejarah itu unik, abadi dan penting dalam kehidupan berikut penjelasannya.

Unik

Pengertian dari unik pada ciri-ciri sejarah adalah, peristiwa tersebut hanya terjadi satu kali andaikan berulang, kejadian tersebut tidak mungkin sama persis dengan yang pertama.

Abadi

Arti abadi dalam cari-ciri sejarah adalah, sejarah akan selalu dikenang oleh generasi-generasi setelahnya yang tidak terlibat dalam peristiwa sejarah tersebut.

Contohnya, Upacara Pembacaan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada hari Jumat, 17 Agustus 1945 yang dibacakan oleh Ir. Soekarno dan
didampingi Drs. Mohammad Hatta yang berlangsung di Jalan Pegangsaan Timur 56, Jakarta Pusat.

Memiliki Pengaruh

Ciri-ciri sejarah selanjutnya adalah memiliki pengaruh besar yang ditimbulkan. Dari peristiwa sejarah, kita bisa mengambil hikmah didalamnya. Contohnya sejarah tentang perjuangan para pahlawan melawan penjajah untuk mencapai kemerdekaan negara Indonesia.

Dari peristiwa tersebut, hikmah yang diperoleh adalah pentingnya memiliki rasa patroitisme, rela berkorban, saling bekerja sama, serta rasa cinta terhadap tanah air pada setiap warga negara.

Sumber-Sumber Sejarah

Kumpulan Pengertian Sumber Sejarah Dengan Macam Dan Contohnya

Sumber sejarah adalah semua yang menjadi pokok sejarah. Menurut Moh. Ali, yang dimaksud sumber sejarah adalah segala sesuatu yang berwujud dan tidak berwujud serta berguna bagi penelitian sejarah sejak zaman purba sampai sekarang. Sementara Muh. Yamin mengatakan bahwa sumber sejarah adalah kumpulan benda kebudayaan untuk membuktikan sejarah.

Sumber Sejarah Berdasarkan Bentuk Dan Wujud

Sumber Tertulis

Sumber tertulis adalah sumber sejarah yang diperoleh melalui peninggalan tertulis, misalnya prasasti, dokumen, naskah, piagam, babad, dan surat kabar.

Contohnya Prasasti Ciaruteun, dari sumber sejarah (isi prasasti) tersebut, para ahli dapat menyimpulkan bahwa Prasasti Cuaruteun merupakan peninggalan dari Kerajaan Tarumanegara.

Sumber lisan

Sumber lisan adalah keterangan langsung dari para pelaku sejarah atau saksi mata dari peristiwa yang terjadi di masa lampau, atau bisa juga dalam bentuk file rekaman.

Pelaku sejarah adalah orang yang secara langsung terlibat dalam peristiwa sejarah. Saksi sejarah ialah orang yang mengetahui suatu peristiwa sejarah, tetapi tidak terlibat secara langsung.

Sebagai contoh Pembacaan Teks Proklamasi 17 Agustus 1945, yang menjadi pelaku sejarah dalam peristiwa tersebut adalah Ir. Soekarno, para peserta pada upacara tersebut disebut sebagai saksi sejarah.

Sumber benda (Artefak)

Sumber benda adalah sumber sejarah yang diperoleh dari peninggalan benda kebudayaan. Contoh macam-macam artefak: alat-alat atau benda budaya, seperti kapak, gerabah, perhiasan, manik-manik, candi, patung, perhiasan, peralatan perang, gerabah, manik-manik dan sebagainya.

Sumber sejarah berdasarkan sifatnya

Sumber primer

Sumber primer dalam sejarah yaitu sumber sejarah yang didapat langsung dari pelaku dan/atau saksi sejarah (sumber lisan), dokumen-dokumen, naskah perjanjian, arsip, (sumber tertulis), dan benda-benda arkeologi (sumber benda). Salah satu contoh sumber sejarah primer adalah naskah teks proklamasi.

Sumber sekunder

Sumber sejarah sekunder adalah catatan, laporan atau kesaksian dari siapa pun yang bukan merupakan pelaku/saksi yang mengalami atau menyaksikan langsung peristiwa sejarah. Sumber sejarah sekunder jiga dapat berupa kutipan dari sumber sejarah primer.

Contoh dari sumber sekunder dalam sejarah adalah buku sejarah yang dibuat setelah peristiwa sejarah terjadi cukup lama.

Sumber tersier

Sumber sejarah tersier adalah keterangan lisan yang diperoleh atau disampaikan oleh pihak ketiga atau lebih. Pihak ketiga ini misalnya saksi ahli, yaitu seseorang yang memiliki keahlian pada bidang tertentu. Contohnya ahli sejarah, ahli antropologi, dan ahli arkeologi

Ilmu Bantu Untuk Mencari Sumber Sejarah

sebutkan macam.macam ilmu Bantu dalam Pendidikan Sejarah besert Penjelasannya

Dalam mengungkap sumber-sumber sejarah (penelitian sejarah), para sejarawan akan melakukan rekonstruksi terhadap sumber-sumber sejarah yang ada. Rekonstruksi dilakukan melalui kajian terhadap sumber sejarah dengan menggunakan berbagai cabang ilmu bantu sejarah.

Dalam hal ini, ilmu bantu sejarah berfungsi sebagai alat untuk menganalisis secara kritis dan ilmiah terhadap sumber-sumber sejarah yang ada.

Berikut ini adalah tabel ilmu bantu sejarah dan penjelasanya, lengkap:
Ilmu Bantu Sejarah Penjelasan
Archaeologist Arkeologi adalah ilmu yang mempelajari tentang peninggalan benda
-benda kuno.
Iconography Ikonografi adalah ilmu yang mempelajari tentang patung.
Numismatics Nomismatik adalah ilmu yang mempelajari tentang mata uang.
Ceramological Keramologi adalah ilmu yang mempelajari tentang keramik.
Philologie Filologi adalah ilmu yang mempelajari tentang bahasa, kebudayaan, pranata dan sejarah suatu bangsa sebagaimana terdapat di bahan-bahan tertulis.
Geology Geologi adalah ilmu yang mempelajari tentang lapisan bumi.
Anthropology Antropologi adalah ilmu yang mempelajari asal-usul kejadian serta perkembangan makhluk manusia dan kebudayaannya.
Paleontology Paleontologi adalah ilmu yang mempelajari sisa makhluk hidup yang sudah membatu.
Paleoanthropology Paleoantropologi adalah ilmu yang mempelajari bentuk manusia yang paling sederhana hingga sekarang.
Sociology Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari sifat keadaan dan pertumbuhan masyarakat.

Ruang Lingkup Sejarah

Ruang Lingkup Sejarah Pengertian Sejarah Sebagai Ilmu Dan Sebagai Seni adalah

Para ahli sejarah pada umumnya sepakat untuk membagi peranan dan kedudukan sejarah yang terbagi atas 4 hal, yakni;
  1. Sejarah sebagai peristiwa,
  2. Sejarah sebagai cerita,
  3. Sejarah sebagai ilmu,
  4. Sejarah sebagai seni.

Sejarah Sebagai Peristiwa

Pengertian sejarah sebagai peristiwa adalah sesuatu yang benar terjadi pada masyarakat di masa lampau. Sejarah sebagai peristiwa sering disebut sejarah sebagai kenyataan, artinya, peristiwa tersebut benar terjadi dan memiliki bukti yang kuat seperti saksi mata, peninggalan, atau catatan.

Contoh Sejarah Sebagai Peristiwa

  1. Peristiwa Bandung Lautan Api
  2. Peristiwa Medan area
  3. Peristiwa pertempuran tanggal 10 November
  4. Peristiwa Super semar
  5. Peristiwa Pemberontakan partai komunis (G30S/PKI)

Sejarah Sebagai Kisah atau Cerita

Pengertian sejarah sebagai kisah atau cerita adalah karya yang dipengaruhi oleh subjektivitas sejarawan. Artinya, memuat unsur-unsur dari subjek, sejarawan/si penulis sebagai subjek turut serta mempengaruhi atau memberi "warna", atau "rasa" sesuai dengan "kacamata" atau selera subjek.

Contoh Sejarah Sebagai Kisah

  1. Kisah Ratu kidul
  2. Kisah Bende Mataram
  3. Kisah Ken Arok
  4. Kisah Ki Ageng Selo
  5. Kisah Api dibukit

Sejarah sebagai ilmu

Secara singkat, pengertian sejarah sebagai ilmu adalah sejarah yang ditulis atau dikaji dengan melalui proses dan metode secara ilmiah, sehingga diperoleh kebenaran yang benar-benara nyata. Kemudian ciri-ciri sejarah sebagai ilmu terdiri dari empiris/nyata, objektif, generalisasi, metode ilmiah dan sistematis.

Contoh Sejarah Sebagai Ilmu

  1. Teori Masuknya Islam ke Indonesia
  2. Teori Masuknya Hindu Budha ke Indonesia
  3. Teori Nusantara (asal usul nenek moyang bangsa Indonesia)
  4. Teori Yunan (asal usul nenek moyang Indonesia)

Sejarah Sebagai Seni

Pengertian sejarah sebagai seni adalah penjelasan sejarah yang melibatkan imajinasi, keindahan, emosional, dan gaya. Dengan kata lain, arti sejarah sebagai seni yaitu teknik menyampaikan sejarah sedemikian rupa agar pembaca sejarah tertarik atas peristiwa yang terjadi di dalamnya.

Contoh Sejarah Sebagai Seni

  1. Seni Patung Patung di Candi
  2. Kesenian Wayang Kulit
  3. Seni Pahat di Candi Candi
  4. Seni Ukiran Ukiran (Relief) di Candi
  5. Kesenian Ondel Ondel
  6. Kesenian Tarian Tarian Daerah

Selesai sudah pembahasan pengertian sejarah yang meliputi pengertian, ciri-ciri sejarah, sumber sumber sejarah, unsur sejarah, ruang lingkup sejarah hingga contohnya.

Sebenarnya, masih ada materi sejarah yang perlu diketahui, seperti hubungan (persamaan dan perbedaan) sejarah dengan ilmu sosial lainnya, metode sejarah. Tapi, berhubung artikel ini sudah sangat panjang, maka kekurangan tentang sejarah akan Masihterjaga.id tulis pada artikel selanjutnya. Semoga artikel ini bermanfaat.