10+ Alat Musik Tradisional RIAU Beserta Penjelasan dan Gambarnya
Daftar Isi Artikel []
Alat Musik Tradisional Riau - 10+ nama alat musik tradisional yang berasal dari daerah Riau + Kepulauan Riau dilengkapi gambar, penjelasan, cara memainkan hingga fungsi dari masing-masing alat musik adat khas provinsi Riau.

Riau merupakan provinsi Indonesia yang memiliki letak geografis di bagian tengah pantai timur pulau Summatera, tepatnya di sekitar pesisir Selat Malaka dan beribukota di kota Pekanbaru. Saat ini, provinsi Riau menjadi salah satu provinsi terkaya di Indonesia berkat sumber dayanya yang didominasi minyak bumi, gas alam, karet, kelapa sawit serta berkebunan serat.

Tidak hanya kaya akan sumber daya alam, provinsi Riau juga kaya akan Adat, Budaya dan Kesenian yang berkembang di masyarakatnya.

Suku yang bermukim di provinsi Riau beragam, antara lain; Melayu, Jawa, Batak, Minangkabau, Banjar, Bugis, Tionghoa, Sunda, Nias. Bahasa sehari-hari yang dominandigunakan pada provinsi Riau adalah Bahasa Melayu. Adapun bahasa lain, seperti Bahasa Jawa, Sunda, Batak, Minangkabau, Arab, dll.

Riau juga menyimpan Kebudayaan dan Kesenian yang semuanya sangat menarik untuk dibahas mulain dari Rumah Adatnya yang bernama Selaso Jatuh Kembar. Tarian tradisionalnya pun amat beragam, Senjata tradisional, dan yang akan kita bahas secara jelas danendalam pada artikel ini adalah alat musik tradisional Riau.

Daftar Alat Musik Tradisional Provinsi Riau

Kami telah menyiapkan penjelasan tentang alat musik Riau yang dikutip dari berbagai sumber terpercaya, daftar alat musik dari riau adalah sebagai berikut:
Alat Musik Riau dan Alat Musik Tradisional Kepulauan Riau ternyata hampir semuanya sama, ini dikarenakan Provinsi Kepulauan Riau merupakan provinsi baru hasil pemekaran dari Provinsi Riau yang diresmikan pada tahun 2002.

Oleh karena itu, artikel ini juga bisa dijadikan referensi untuk kamu yang sedang mencari informasi tentang alat musik tradisional Kepulauan Riau.
Lihat pula: Alat Musik Tradisional Sumatera Barat

1. Akordeon

Akordeon berasal dari riai dimainkan dengan cara ditekan
via tanjungpinangpos.id

Akordeon adalah alat musik yang berasal dari daerah Melayu Riau ini memiliki bentuk yang sangat mirip dengan accordion yang ditemukan oleh C.F.L Buschmann asal Berlin, Jerman.

Akordeon merupakan jenis alat musik melodis yang dimainkan dengan cara ditekan dengan jari pada bagian akor menggunakan tangan kiri, sedangkan tangan kanan berberan memainkan melodi lagu yang sedang dibawakan.

Akordeon ditarik dan didorong guna mengatur sirkulasi keluar masuknya udara, udara keluar akan menghasilkan bunyi yang berbeda tergantung dari tingkat kemahiran pemain Akordeon, pemain Akordeon yang sudah mahir dapat berganti tangan dalam memainkan instrumen musik berjenis aerophone ini.

Alat musik Akordeon berfungsi untuk mengiringi acara pertunjukkan musik tradisional Melayu Riau.

2. Gambus

alat musik gambus sumber bunyinya berasal dari dawai yang dipetik berfungsi untuk mengiringi tarinzapin yang berasal dari timur tengah
via alatmusik.net

Alat musik Gambus berasal dari riau terbuat dari kayu pohon nangka, cempedak, dan cengal. Jenis kayu ini dipilih karena mudah ditemukan, tekstur kayu yang lunak memudahkan proses pemahatan, selain itu kayu ini memiliki sifat kuat, ringan, dan tidak berubah bentuk bahkan retak ketika sudah kering.

Alat musik gambus sumber bunyinya berasal dari getaran dawai yang dipetik oleh pemainnya. Umumnya, dawai dipetik dengan jari dengan kanan, sedangkan jari tangan kiri menekan dawai pada leher Gambus.

Alat musik gambus digunakan sebagai pengiring dalam Tari Zapin yang merupakan akulturasi dua budaya Riau dan Timur Tengah.

3. Genggong

alat musik genggong sumatera selatan dimainkan dengan cara ditiup
via thegorbalsla.com

Genggong adalah alat musik tradisional khas Riau yang berbentuk tipis dan kecil, Genggong memiliki beberapa jenis dan dapat dimainkan dengan beberepa cara pula, dipetik, ditarik, serta dipukul.

Alat musik Genggong terbuat dari pelepah pohon enau yang di ambil kulit luarnya yang keras. Adapun Genggong yang terbuat dari tembaga dan besi.

Instrumen ini termasuk jenis alat musik Idiophone dikarenakan sumber bunyi Genggong berasal dari batang tubuh alat musik itu sendiri. Genggong menggunakan rongga mulut pemainnya sebagai resonator agar bisa menghasilkan bunyi dengungan yang khas.

Genggong biasanya digunakan bersama dengan alat musik tradisional Riau yang lain untuk mengiringi pagelaran musik tradisional.

4. Gedombak

alat musik gedombak berasal dari daerah riau
via cintaindonesia.web.id

Gedombak adalah alat musik berasal dari Riau yang terbuat dari kayu, kulit binatang dan rotan. Alat.musik ini dimainkan dengan cara dipukul pada membrannya, oleh karena itu instrumen Gedomba termasuk dalam klasifikasi alat musik jenis membranophone.

Gedombak biasa dimainkan untuk mengiringi teater Mak Yong yang populer di daerah Riau. Gedombak dimainkan bersama dengan Nafiri, Tetawak, Breng-breng (gong pipih) dan Ceracap (tepuk bambu).

5. Gambang Camar

Fungsi alat musik gambang camar untuk mengiringi perayaan hari besar
via bukantrik.com

Gambang camar asal riau sangat khas, alat ini terbuat dari 6 bilah kayu yang disusun diatas rak unik degan ukiran sayap yang mirip seperti burung camar. Gambang camar dimainkan dengan cara dipukul menggunakan alar oemukul khusus.

Instrumen musik xylophone ini biasa dimainkan ketika perayaan hari-hari besar.

6. Gendang Nobat

gendang nobat berasal dari daerah riau yang dimainkan dengan cara dipukul
via wadaya.rey1024.com

Gendang nobat merupakan alat musik jenis membranophone yang terbuat dari kayu, kulit binatang dan rotan. Alat mjsik ini dimainkan dengan cara ditabuh/dipukul dengan telapak tangan pada membrannya.

Gendang Nobat sangat disakralkan, tidak sembarang orang boleh menggunakannalat musik ini, alat musik Gendang Nobat tidak boleh dilangkahi oleh siapapun. Untuk memainkan alat musik ini juga harus memiliki darah keturunan kerajaan atau keluarga yang telah ditunjuk.

Alat musik khas Riau ini biasa dimainkan dalam acara-acara khusus yang bersifat sakral.

7. Kompang

alat musik kompang berasal dari daerah riau dimainkan dengan cara dipukuk terbuat darinkayu dan kulit binatang
via initu.id

Alat musik Kompang terbuat dari kayu dan kulit hewan ternak (kambing betina atau sapi) yang sudah dibersihkan dan dikeringkan, alat musik kompang dimainkan dengan cara ditabuh menggunakan telapak dangan pada bagian muka/membrannya.

Kompang biasa digunakan ketika ada acara sosial seperti pawai hari kemerdekaan. Kompang juga digunakan untuk mengiringi lagu Gambus. Kompang sangat mirip dengam Rebana, hanya saja Kompang tidak memiliki cakram logam gemrincing di sekelilingnya.
Lihat pula: Alat Musik Tradisional Aceh

8. Marwas

0
via lamriau.id

Alat musik marwas berasal dari provinsi Riau, terbuat dari kulit kambing,kayu cempedak, dan rotan sebagai pengikat, marwas dimainkan dengan cara ditepuk.

Alat musik marwas berfungsi untuk menjaga kestabilan intro dan melahirkan harmoni musikal. Selain itu, Marwas juga digunakan sebagai roffle ketukan atau mat. Marwas juga biasa digunakan sebagai pengiring dalam teater musik Mak yong.

9. Nafiri

alat musik nafiri dimainkan dengan cara ditiup
via carabermainalatmusik.com

Nafiri merupakan alat musik tradisional dari Riau yang memiliki sumber bunyi dari getaran udara karena untuk memainkannya adalah dengan cara ditiup. Nafiri terbuat dari bahan tempirung kelapa, daun kelapa atau ruas bambu yang sudah kering.

Fungsi dan Kegunaan Alat Musik Nafiri adalah sebagai berikut:

  1. Untuk mengiringi tarian tradisional; Tari Inai, tari Jinugroho dan Tari Olang.
  2. Sebagai instrumen utama dalam musik robat (musik yang dimainkan di lingkungan masyarakat).
  3. Sebagai melodi penentu gerakan silat.
  4. Untuk penobatan Raja ketika Riau masih menerapkan sistem pemerintahan kerajaan.
  5. Tanda peperangan, bencana, dan kematian.
  6. Digunakan untuk memanggil dewa, roh, atau arwah nenek moyang.

10. Rebana Ubi

rebana ubi berasal dari mana provinsi riau
via silontong.com

Rebana Ubi adalah alat musik yang dimainkan dengan cara dipukul dengan tangan. Alat musij khas Riau ini termasuk dalam golongan gendang sekaligus alat musik perkusi. Rebana Ubi memiliki ukuran yang lebih besar dengan rebana biasa karena Rebana Ubi mempunyai diameter terkecil adalah 70 cm dan tinggi 1 meter.

Rebana Ubi bisa dimainkan dengan cara digantung secara horizontal atau dibiarkan tergeletak diatas lantai. Dahulu, Rebana Ubi berfungsi sebagai alat penyebar berita adanya pernikahan kepada penduduk setempat atau adanya bahaya yang datang.

Rebana Ubi di tempatkan di daeraj dataran tinggi dan dipukul dengan ritme tertentu tergantung pada pesan/informasi yang ingin disampaikan.

11. Gong

Alat Musik Tradisional Riau dan Kepulauan Riau
via adat-tradisional.com

Gong adalah alat musik tradisional Riau yang dimainkan dengan cara dipukul menggunakan alat pemukul khusus oleh satu orang yang sama. Gong terbuat dari bahan logam atau kuningan.

Gong Riau biasa dimainkan saat upacara adat. Bunyi yang dihasilkan dari alat musik pukul tradisional ini bergantung seberapa besar alat musik itu sendiri.


Cukup sekian pembahasan tentang alat musik tradisional Riau, semoga dapat menambah wawasan kamu tentang Budaya dan Kesenian Indonesia, khususnya kebudayaan & kesenian yang ada Provinsi Riau + Kepulauan Riau, seperti yang sudah kamu baca diatas, diharapkan kamu bisa mengetahui tentang alat musik daerah yang berasal dari Riau. Jangan sampai melupakan warisan budaya bangsa(wiki).

masihterjaga.id