9+ Alat Musik Tradisional SUMATERA BARAT + Gambar dan Penjelasan
Daftar Isi Artikel []
Alat Musik Tradisional Sumatera Barat - Penjelasan alat musik yang berasal dari Sumatera Barat lengkap beserta gambar dan cara memainkannya.

Berbicara Sumatera Barat, pasti langsung terlitas soal masakan Padang, seperti Nasi Padang dan Rendang. Tak hanya masakan khas Sumatera Barat saja, ikon Jam Gadang di Bukittinggi juga tak kalah terkenal.

Segi kekayaan alam Sumatera Barat juga tak mau kalah, sumber daya alam yang ada di provinsi SumBar adalah batubara, batu besi, batu galena, timah hitam, seng, mangan, emas, batu kapur (semen), kelapa sawit, kakao, gambir dan hasil perikanan.

Alat Musik Tradisional Provinsi Sumatera Barat

Dan yang paling menarik untuk kita bahas kali ini adalah tentang adat istiadat dan budaya dari Sumatera Barat, yaitu alat musik tradisional. Di bawah ini akan coba kami bahas mengenai alat musik dari daerah Sumatera Barat yang beragam dan unik.
Baca: Alat Musik Tradisional Aceh

1. Alat Musik Talempong

talempong adalah alat musik tradisional yang bentuknya menyerupai gong
via 1001indonesia.net

Talempong merupakan alat musik tradisional Sumatera Barat yang terbuat dari campuran tembaga, timah putih dan besi putih. Alat musik ini dimainkan dengan cara dipukul menggunakan stik atau alat pukul berbahan dasar kayu.

Terdapat dua teknik dalam memainkan alat musik tradisional Talempong, yaitu:

  1. Teknik tradisional (interlocking), Talempong dimainkan oleh tiga orang, masing-masing pemain memainkan dua buah talempong yang dipegang vertikal dengan tangan kiri (atas dan bawah).

    Talempong yang berada diatas dijepit dengan ibu jari dan jari telunjuk, sedangkan yang berada bawah digantungkan pada jari tengah, manis dan kelingking. Jari telunjuk beroeran sebagai pemisah antar talempong agar suara yang dihasilkan nyaring.

    Tangan kanan berperan memukul talempong menggunakan stik kayu.
  2. Teknik modern, talempong diletakkan di atas rel atau rancakan kemudian dipukul menggunakan stik yang terbuat dari kayu.

Alat musik Talempong berfungsi sebagai pelengkap dalam berbagai upacara adat Minangkabau seperti:

  • Upacara pengangkatan penghulu,
  • Upacara pesta perkawinan,
  • Upacara sunat rasul,
  • Menaiki rumah baru,
  • Pesta panen raya,
  • Acara pertunjukan randai,
  • Musik pengiring tari,
  • Acara gotong royong, Dll.

Secara umum fungsi talempong adalah:

  • Sebagai sarana upacara,
  • Sebagai sajian estetis,
  • Sebagai hiburan,
  • Pengintegrasian masyarakat,
  • Sebagai media komunikasi.

2. Alat Musik Rabab

rabab adalah alat musik gesek yang berasal dari daerah Minangkabau Sumatera Barat
via dictio.id

Rabab adalah alat musik gesek tradisional khas Minangkabau, Sumatera Barat yang terbuat dari tempurung kelapa. Bentuk dari instrumen musik ini sangatlah mirip dengan Biola, hanya saja cara memainkannya bukan dipundak, melainoan diletakan dibawah dan pemainnya berposisi duduk bersila.

Jenis Rabab Berdasar Tempat Berkembangnya

  • Rabab Darek, tumbuh dan berkembang di daerah darek Minangkabau meliputi Luhak nan Tigo.
  • Rabab Piaman, berkembang di daerah pesisir barat Minangkabau, yang meliputi daerah tepian pantai (pesisir).
  • Rabab Pasisia berkembang di daerah Rantau Pasisia.
Baca: Alat Musik Tradisional Sumatera Utara

3. Alat Musik Bansi

alat musik bansi dan penjelasannya
via padek.co

Bansi atau biasa disebut masyarakat luas dengan Suling Minangkabau adalah alat musik tiup dari Sumatera Barat yang terbuat dari dari talang (bambu tipis) atau sariak (bambu kecil yang tipis) dengan 7 lubang dengan panjang sekitar 33 - 36 cm.

Alat musik Bansi yang mempunyai nada standar menjadikannya dapat dmainkan untuk mengiringi musik tradisional dan modern.

Bansi juga biasa dimainkan pada acara tradisional, pertunjukkan musik, acara adat istiadat, serta mendapingi Tari Tradisional Pasambahan.

4. Alat Musik Pupuik Batang Padi

pupuik batang padi merupakan alat musik tiup sederhana yang berasal dari sumatera barat
via pelangiholiday.com

Pupuik Batang Padi merupakan alat musik sederhana yang berasal dari daerah Sumatera Barat, tepatnya Minangkabau. Instrumen musik tiup ini termasuk dalam jenis alat musik aerophone karena sumber bunyinya berasal dari getaran udara dengan cara ditiup.

Alat musik Pupuik Batang Padi terbuat dari batang padi yang sudah tua dan berbuku dibenting seperti corong menyerupai terompet. Alat musik ini hanya memiliki nada tunggal.

5. Alat Musik Saluang

alat musik saluang merupakan instrumen musik tiup/aerophone
via blogminangkabau.com

Saluang adalah alat musik tradisional khas Minangkabau, Sumatra Barat. Saluang terbuat dari bambu tipis atau talang. Alat musik ini dimainkan dengan cara ditiup.

Saluang berfungsi untuk hiburan dalam pagelaran acara, serta dimainkan dalam upacara adat daerah Sumatera Barat.

6. Alat Musik Pupuik Tanduak

orang tua sedang memainkan alat musik pupuik tanduak dengan cara ditiup
via indonesiakaya.com

Pupuik Tanduak merupakan alat musik sederhana dengan nada tunggal yang berasal dari Minangkabau, Sumatera Barat, tepatnya berada di Kabupaten Agam.

Pupuik Tanduak terbuat dari tandung kerbau yang dipotong ujungnya sehingga membentuk rongga sampai ke pangkalnya. Cara memainkan Pupuik Tanduak adalah dengan cara ditiup. Bunyi yang dihasilkannya instrumen musik ini mirip dengan bunyi terompet yang melengking.

Fungsi dari Pupuik Tanduak adalah sebagai penanda waktu subuh dan maghrib. Selain itu alat musik khas SumBar ini juga digunaian sebagai isyarat bahwa ada pengumuman dari pemuka kepada warga.

7. Alat Musik Tambua

pengertian dan fungsi alat musik tambua dan tansa
via padangmedia.com

Tambua berasal dari Sumatera Barat yang terbuat dari kayu yang dilubangi tengahnya, untuk membran terbuat dari kulit kambing. Tambua dimainkan dengan cara dipukul secara serentak. Bunyi yang dihasilkan dari alat musik Tambua berbeda-beda tergantung pada ketebalan kayu yang digunakan.

Alat Musik Tambua biasanya dimainkan oleh empat orang penabuh bersamaan dengan alat musik Sumatera Barat yang lainnua seperti Pupuik Tanduak, Sarunai, Pupuik Batang Padi, dan Talempong.

Tambua berfungsi untuk mengumpulkan orang banyak dalam sebuah acara perkawinan, gotong royong, acara adat, serta menyambut tamu kehormatan.

8. Alat Musik Serunai

alat musik serunai dan penjelasannya termasuk inatrumen musik tiup
via dunia-kesenian.blogspot.com

Serunai atau disebut juga Puput Serunai adalah nama alat musik tiup tradisional Sematera Barat, khususnya masyarakat Minang. Serunai merupakan instrumen musik tiup yang terbuat dari kayu capo ringkik atau dari bambu talang yang ukurannya sebesar ibu jari tangan, ujung Serunai yang mengembang berfungsi untuk memperbesar volume suara.

Serunai biasa dimainkan pada acara adat, upacara perkawinan, dan sebagainya. Alat musik Serunai juga biasa dimainkan secara bebas, baik perorangan, saat memanen padi atau saat bekerja di ladang.

9. Alat Musik Gendang Tabuik

fungsi alat musik gendang tabuik yang berasal dari daerah provinsi sumatera barat
via senibuyasia.com

Gendang Tabuik merupakan alat musik tradisional dari Sumatera Barat yang memiliki dua muka yang dapat tabuh. Muka Gendang Tabuik terbuat dari kulit kambing. Tinggi dari Gendang Tabuik sekitar 54 cm dengan diameter hingga 46 cm. Fungsi alat musik Gendang Tabuik adalah untuk mengiringi tahapan dalam ritual upacara Tabuik yang berlangsung dari tanggal 1 sampai 10 Muharam.

Dalam Upacara Tabuik, alat musik ini merefleksikan semangan, keberanian, dan pantang menyerah Husein dalam menghadapi perang.

Adapun formasi khusus selama Gendang Tabuik ditabuh, terdiri atas 7 orang penabuh dengan posisi berlapis, seseorang uang kelelahan menabuh Gendang Tabuik akan digantikan secara terus meneruh oleh penabuh Gendang yang lain.

Demikian ulasan kami tentang alat musik tradisional Sumatera Barat. Dengan membaca artikel ini, diharapkan kamu bisa mengerti dan menjaga warisan budaya serta dapat menyebutkan dengan mudah apa saja nama-nama alat musik yang berasal dari daerah Sumbar. Semoga Bermanfaat.

masihterjaga.id